Sulit Menemukan Solusi dalam Permasalahan? Mungkin 5 Hal ini Sebabnya!

Sulit Menemukan Solusi dalam Permasalahan? Mungkin 5 Hal ini Sebabnya!
soulofjakarta.com

Seruni.id – Dalam hidup, tentunya tak lepas dari yang namanya permasalahan. Setiap manusia tentu memiliki permasalahan yang harus ia hadapi. Agar hal tersebut cepat selesai, pastinya kamu membutuhkan solusi. Dan kamulah motor untuk menemukan solusi atas permasalahan yang sedang kamu hadapi. Namun, ketika kamu sulit menemukan solusi terbaik, masalahmu akan semakin rumit.

Sulit Menemukan Solusi dalam Permasalahan? Mungkin 5 Hal ini Sebabnya!
popbela.com

Tanpa disadari, 5 hal berikut ini bisa membuat solusi selalu terasa jauh darimu.

1. Merasa Enggan Bertanya pada Orang Lain

Sejatinya, kita memang tidak boleh merepotkan orang lain. Sebisa mungkin jadilah orang yang mandiri. Apalagi dalam permasalahan pribadi. Namun, jika kamu merasa sudah mentok alias sulit menemukan solusi, sekadar bertanya pendapat pada orang lain, tidak akan membuat mereka pusing tujuh keliling, kok.

Mungkin malah senang karena merasa dibutuhkan. Asalkan, kamu tidak terus medesaknya. Cukup garis besarnya. Juga tidak memintanya mengambil alih penyelesaian masalah. Saat pikiranmu sudah terasa buntu, kadang kamu cuma butuh sedikit cahaya agar tercerahkan.

2. Cenderung Meremehkan Solusi yang Ditawarkan Orang Lain

Meski kamu memang perlu bersikap kritis dengan solusi yang diberikan orang lain, namun bukan berarti kamu meremehkan solusi yang ditawarkan. Apabila sekadar kritis dan memilih mana yang paling masuk akal, sejak awal pikiranmu sudah bersikap terbuka pada semua masukan.

Akan tetapi, jika kamu bersikap cenderung meremehkan, sejak awal pikiranmu sudah seperti pintu rumah yang tertutup rapat. Jangankan mencobanya, hanya melihat sisi positif dari solusi yang ditawarkan saja, kamu tidak bisa. Alih-alih mendapatkan solusi yang tepat, tapi karena sikapmu yang tak biasa menghargai pendapat, malah membuatmu terus merasa buntu.

3. Enggan Belajar dari Pengalaman

Banyak yang bilang, pengalaman adalah guru yang paling berharga. Hal ini memang benar adanya. Sebab, tanpa adanya pengalaman, bukan tidak mungkin kita akan terjatuh pada lubang yang sama. Tak melulu belajar dari pengalaman diri sendiri saja. Bahkan, kita juga bisa mengambil pelajaran dari pengalaman orang lain. Bisa jadi, masalah yang sedang kamu hadapi saat ini, sudah lebih dulu dialami oleh mereka.

Tapi, kalau kamu adalah tipe orang yang enggan belajar dari pengalaman, sesering apa pun suatu masalah berulang, sesering itu pula kamu kembali merasa kesulitan. Maka bila kamu kerap terjebak permasalahan yang kurang lebih sama, coba introspeksi. Sulit menemukan solusi dari segala permasalahan, besar kemungkinan hal inilah yang menjadi penyebabnya. Karena jika kamu mau belajar dari pengalaman, sebelum masalah yang sama kembali datang, kamu sudah mengantisipasinya.

4. Biasa Bergantung pada Orang Lain

Kalau kamu memiliki sifat yang manja, sebaiknya berhati-hatilah. Karena sifat tersebut akan membuatnya bergantung pada orang lain. Hal-hal yang sepele saja kamu minta orang lain mengurusnya untukmu, apalagi masalah-masalah berat. Ini membuatmu gak punya pengalaman menyelesaikan sendiri masalahmu. Tidak ada pengalaman, maka tidak ada guru terbaik. Bukan tidak mungkin kamu akan menyerahkan kendali atas banyak hal dalam hidupmu pada orang lain.

Alhasil, kamu tidak pernah tahu kalau sebenarnya kamu juga mampu mengatasi permasalahanmu sendiri. Kamu selalu merasa tidak punya ide untuk masalahmu. Tentu saja, itu karena kamu memang tidak pernah menyemai benih ide apa pun dalam pikiranmu. Jika kamu pikir ini bukan masalah, ini justru masalah terbesar di balik semua masalahmu. Ingat, orang-orang yang peduli padamu tak selamanya akan ada di sisimu.

5. Selalu Menolak Bantuan Orang Lain Karena Gengsi

Ketika sedang dalam kesulitan, lalu beberapa orang dengan mudah hati menawarkan bantuannya kepadamu, kenapada tidak diterima saja? Kamu tak akan terlihat lemah karenanya kok. Orang-orang juga bisa melihat usaha yang telah coba kamu lakukan.

Namun kadang, kita memang menghadapi situasi yang lebih sulit daripada yang biasa dihadapi, kan? Daripada sudah menolak semua bantuan dan masalah tetap tidak menemukan titik terang bahkan makin rumit. Lalu saat kamu sadar kamu memang gak bisa menyelesaikannya sendirian dan menghubungi mereka, mereka mungkin sudah malas atau disibukkan oleh urusan lain.

Baca Juga: 7 Renungan yang Perlu Diingat Ketika Merasa Usaha yang Dilakukan Sia-sia

Dari kelima poin yang telah Seruni jelaskan, kira-kira mana saja yang terjadi pada dirimu saat ini? Semoga dengan adanya ulasan tersebut, kamu akan semakin mudah untuk menemukan solusi dari setiap masalah yang dihadapi. Tetap semangat dan jangan pernah berputus asa, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.