Tata Cara dan Doa Shalat Dhuha yang Wajib Dipahami

  • Bagikan
Tata Cara dan Doa Shalat Dhuha yang Wajib Dipahami
iqra.id

Seruni.id – Membahas mengenai shalat dhuha, bukan hanya sekadar tata caranya saja. Melainkan juga dengan doa shalat dhuha. Meski tata caranya sama seperti shalat sunnah pada umumnya. Namun, ada sedikit perbedaan pada bacaan niat, doa, serta, waktunya.

Tata Cara dan Doa Shalat Dhuha yang Wajib Dipahami
bincangmuslimah.com

Sebagai umat Islam, kita mungkin sudah cukup akrab dengan amalan sunnah shalat dhuha. Ini adalah salah satu ibadah sunnah yang sangat istimewa. Sebab, ibadah ini menjadi amalan yang sangat dianjurkan, karena terdapat beberapa ketamaan dalam shalat ini.

Tak sedikit dalil dalam Hadis yang menjelaskan tentang keutamaan shalat dhuha. Salah satunya merupakan sarana untuk memohon ampunan dosa. Hadis riwayat At Tirmidzi dan Ibnu Majah menyebutkan bahwa, “Siapa yang membiasakan (menjaga) shalat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.”

Keistimewaan lain dari shalat sunnah dhuha yaitu, barangsiapa yang mengerjakannya, maka ia tidak termasuk ke dalam golongan orang lali dalam mencari rahmat Allah.

“Orang yang mengerjakan sholat dhuha tidak termasuk orang lalai,” (HR Al Baihaqi dan An Nasai)

Selain itu, shalat dhuha juga memiliki keutamaan, termasuk bagian dari sedekah. Bahkan, di dalam hadis riwayat Muslim, Rasulullah Muhammad shallallahu’alaihi wasallam bersabda,

“Setiap pagi, setiap ruas anggota badan kalian wajib dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, dan melarang berbuat munkar adalah sedekah. Semua itu dapat diganti dengan shalat dhuha dua rakaat.”

Keutamaan Shalat Dhuha

Meskipun termausk ke dalam golongan ibadah sunnah, yang berarti jika tidak dikerjakan tidak akan mendapatkan dosa. Namun, shalat dhuha ternyata memiliki beberapa keutamaan penting lainnya bagi yang melakukannya. Adapun keutamaannya yang wajib diketahui adalah sebagai berikut:

1. Merupakan Pesan Rasulullah

“Shalat dhuha adalah wasiat khusus dari Nabi kepada Abu Hurairah dan kepada seluruh umat beliau secara umum.” (Imam Thabari)

Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu yang berkata, “Kekasihku (Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam) memberikan pesan (wasiat) kepadaku dengan tiga hal yang tidak pernah aku tinggalkan hingga aku meninggal nanti. Yaitu puasa tiga hari setiap bulan, shalat dhuha, dan tidur dalam keadaan sudah mengerjakan shalat witir.” (Muttafaqun ‘Alaih. Al-Bukhari no. 1981. Muslim no. 721)

2. Dibangunkan Sebuah Rumah di Surga

Barangsiapa yang rajin menjalankan ibadah sunnah, seperti shalat dhuha, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah. Bukan di dunia, melainkan di surga. Hal ini tentu akan menjadikan impian bagi setiap orang yang beriman. Maka dari itu, sayang sekali jika kita menyia-nyiakan selagi masih diberi kesempatan. Hal tersebut sesuai dengan isi hadis Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wa sallam,

“Barang siapa yang shalat dhuha sebanyak empat rakaat dan empat rakaat sebelumnya, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di surga.” (Shahih al-Jami’ No. 634)

3. Berpahala Seperti Orang Pergi Haji dan Umroh

Keutamaan yang berikutnya, siapa pun yang melaksanakan shalat dhuha dengan tulus dan ikhlas karena Allah SWT, maka mereka akan mendapatkan ganjaran berupa pahala seperti orang yang pergi haji dan umroh.

Diriwayatkan Anas bin Malik ra, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa melaksanakan shalat subuh berjama’ah kemudian ia duduk sambil berdzikir pada Allah hingga terbit Matahari, lalu ia mengerjakan shalat dua rakaat, maka ia seperti memperoleh pahalanya haji dan umroh.” (HR. Tirmidzi No. 586)

4. Termasuk Shalat Awwabin

Diantara keutamaan shalat dhuha yang lain adalah termasuk dalam shalat awwabin, yaitu shalatnya orang-orang yang taat. Dengan rutin menjalankan ibadah shalat sunnah dhuha, maka seseorang tersebut akan dicatat sebagai orang-orang yang taat akan perintah-Nya. Abu Hurairah ra meriwayatkan hadis dari Nabi Shallallahu’alaihi wa Sallam bersabda, “Tidaklah seseorang menjaga shalat sunnah dhuha melainkan ia adalah awwab (orang yang kembali taat). Sholat dhuha ini adalah shalat awwabin.” (HR. Ibnu Khuzaimah)

5. Dicukupkan Rezeki

Bahkan, telah disebutkan di dalam hadis qudsi, barangsiapa yang mengerjakan shalat dhuha dengan rutin, maka Allah akan mencukupnya rezeki hamba-hamba-Nya. Allah ‘Azza wa Jalla berfirman, “Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya Aku cukupkan untukmu di sepanjang hari itu.” (HR. Ahmad).

Sungguh luar biasa keutamaan sholat dhuha jika dilakukan secara rutin. Ini semua menunjukkan bahwa sholat dhuha sangat dianjurkan untuk dikerjakan.

Syarat Sah Mengerjakan Shalat Dhuha

Berbicara mengenai syarat sah mengerjakan shalat dhuha, sebenarnya sama saja seperti shalat pada umumnya. Sebelum shalat dimulai, diwajibkankan untuk mensucikan diri dari hadas kecil dan besar, suci badan, pakaian, dan tempat. Selain itu, menutup aurat, mengetahui masuknya waktu shalat, dan menghadap kiblat, menjadi syarat sahnya shalat juga.

Waktu Sholat Dhuha

Shalat dhuha merupakan ibadah yang dikerakan di antara dua waktu, yakni shalat subuh dan dzuhur. Lebih tepatnya, ibadah yang dikenal dapat melancarkan rezeki ini, dikerjakan ketika matahari terbir, berkisar antara jam setengah tujuh pagi, hingga jam 12 siang.

Untuk jumlah rakaatnya, shalat dhuha dapat dikerjakan minimal paling sedikit dua rakaat hingga delapan rakaat, sesuai dengan kesanggupan masing-masing orang. Namun, jika kamu memilih dua rakaat, maka dikerjakan dengan melakukan dua rakaat dan sekali salam.

Niat Sholat Dhuha

Menurut Madzhab Syafi’i dan Hambali, mengucapkan niat shalat dhuha sebelum takbiratul ihram hukumnya adalah sunnah. Sebab, fungsi dari niat sendiri, merupakan sebagai pengingat hati sehingga lebih mantap dan khusyu’ dalam menjalankan shalatnya.

Sedangkan, pendapat dari Madzhab Maliki dan Hanafi cukup bersebrangan. Karena menurutnya, mengucapkan niat shalat dhuha sebelum mengangkat tangan dan takbiratul ihram tidak disyariatkan, kecuali bagi mereka yang kerap merasa ragu dengan niatnya.

Keduanya menyebutkan, bahwa niat shalat dhuha cukup dilafalkan di dalam hati saja. Sebab, mengucap niat tersebut adalah khilaful aula (menyalahi keutamaan) dan bid’ah (tidak dicontohkan Rasulullah Shallallahu’alaihi Wa Sallam).

Namun, terlepas dari kedua pendapat di atas, bacaan niat shalat dhuha pada umumnya adalah sebagai berikut:

“Usholli Sunnatadh Dhuhaa Rok’ataini Mustaqbilal Qiblati Ada’aan Lillahi Ta’aalaa”

Artinya: “Aku niat shalat sunnah dhuha dua rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah Ta’ala.”

Tata Cara Sholat Dhuha

Setelah membahas mengenai niat shalat dhuha, selanjutnya adalah memahami tata cara shalatnya. Namun sebelumnya, jika kamu ingin mengerjakannya di awal waktu, usahakan dimulai 20 menit setelah matahari terbit. Hal ini sesuai dengan keterangan hadis yang diriwayatkan oleh ‘Amr bin ‘Abasah. Nabi Shallallahu’alaihi wasallam bersabda:

“Kerjakanlah shalat subuh kemudian tinggalkanlah shalat hingga matahari terbit, sampai matahari naik. Ketika matahari terbit, ia terbit di antara dua tanduk setan, saat itu orang-orang kafir sedang bersujud (menyembah matahari).” (HR. Muslim)

Adapun batas waktu untuk melaksanakan shalat dhuha adalah 15 menit sebelum masuk waktu dzuhur. Namun, kita perlu tahu, bahwa waktu yang terbaik untuk mengerjakan shalat dhuha adalah di waktu yang akhir, alias seperempat siang, yaitu dalam keadaan yang semakin panas. Nah, untuk tata caranya, bisa dilihat sebagai berikut:

1. Niat shalat dhuha
2. Takbiratul ihram (mengangkat kedua tangan)
3. Membaca doa iftitah (sunnah)
4. Membaca surat Al-Fatihah
5. Membaca surat Ad-Dhuha
6. Rukuk dengan tuma’ninah
7. I’tidal dengan tuma’ninah
8. Sujud dengan tuma’ninah
9. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
10. Sujud kedua dengan tuma’ninah
11. Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua
12. Membaca surat Al-Fatihah
13. Membaca surat As-Syams
14. Rukuk dengan tuma’ninah
15. I’tidal dengan tuma’ninah
16. Sujud dengan tuma’ninah
17. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
18. Sujud kedua dengan tuma’ninah
19. Tashud akhir dengan tuma’ninah
20. Salam
21. Membaca doa shalat dhuha

Doa Setelah Sholat Dhuha

Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya, shalat dhuha sama seperti shalat wajib pada umumnya. Hanya saja yang menjadi perbedaannya terletak pada doa serta keutamaannya. Oleh karena itu, ketika kita selesai mendirikan shalat sunnah dhuha, dianjurkan untuk membaca doa. Adapun bacaan doa shalat dhuha adalah sebagai berikut:

“Allahumma innadhdhuha-a dhuha-uka, walbahaa-abahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwaatuka, wal qudrota qudrotuka, wal ‘ishmata ishmatuka. Allahuma inkaana rizqii fissamma-i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana mu’siron fayassirhu, wainkaana harooman fa thohhirhu, wa inkaana ba’idan fa qoribhu, bihaqqidhuhaa-ika wa bahaaika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudrotika, aatini maa ataita ‘ibaadakash shoolihiin.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu dan kekuatan-Mu, berikanlah kepadaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hambaMu yang shalih.”

Selain doa di atas, kamu juga bisa memanjatkan doa lainnya kepada Allah. Jadi, doa setelah shalat sunnah dhuha, tidak hanya sebatas doa di atas saja, ya.

 

Manfaat Sholat Dhuha

Manfaat Sholat Untuk Kesehatan

Di dalam sholat dhuha terdapat beberapa gerakan yang harus dilakukan, oleh karena itu sholat dhuha juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu kegiatan dalam berolahraga.

1. Olahraga Tanpa di Sadari

Penjelasannya sendiri adalah sholat dhuha dilakukan pada saat masih pagi hari yaitu  sekitar pukul 08.00 sampai dengan menjelang dhuhur, dan jam – jam tersebut merupakan waktu yang sangat baik untuk berolahraga, oleh karena itu melakukan sholat dhuha sama saja dengan berolahraga karena nantinya bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tulang serta otot karena setiap persendian bergerak, mulai dari tangan, siku sampai dengan lutut dan kaki. Manfaat gerakan sholat memang dapat memberikan efek olahraga tanpa di sadari.

2. Melancarkan peredaran darah

Selain itu juga sholat dhuha membantu untuk melancarkan peredaran darah yang ada di dalam tubuh manusia karena semua pergerakan dalam sholat dhuha sangat lengkap. Mulai dari mengangkat kedua tangan, membungkuk saat gerakan rukuk, kemudian juga gerakan sujud yang mana kepala berada lebih rendah dibandingkan badan dan darah tersebut juga mengalir ke kepala kemudian pada saat duduk aliran darah dinormalkan kembali.

3. Menormalkan Produksi Hormon

Selain itu juga sangat bermanfaat untuk menormalkan produksi hormon yang ada di dalam tubuh. Jadi sholat dhuha memang sangat bermanfaat dan efektif untuk menjaga kesehatan tubuh, baik untuk bagian tubuh, organ tubuh sampai dengan beberapa cairan dan juga hormone dalam tubuh.

Manfaat Sholat Untuk Rohani

4. Membuat jiwa lebih tenang

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan karena beberapa gerakan yang sangat mempengaruhi kondisi tubuh, sholat dhuha juga sangat bermanfaat untuk menjaga rohani, yang mana nantinya jiwa akan menjadi lebih tenang, terlebih lagi jika rezeki memang sudah dibukakan dan dipermudah di dalam mendapatkan rezeki.

5. Menghilangkan Stress

Selain itu sholat dhuha maupun sholat yang lainnya akan membantu umat muslim untuk bisa mendapatkan ketenangan batin sehingga terhindar dari stress. Stress sendiri merupakan salah satu hal yang sangat mengganggu dan bisa menimbulkan resiko terkena berbagai macam penyakit. Mulai dari mengambil air wudhu sebenarnya sudah bisa membuat batin dan pikiran menjadi tenang namun jika ditambah dengan sholat dhuha tentu saja akan jauh lebih tenang. Jadi menurut sebagian besar orang, melakukan sholat dhuha sendiri memang akan mendapatkan ketenangan dan juga rezekinya lancar sehingga beberapa umat muslim melakukan / menjalankan sholat dhuha setiap hari.

Manfaat Sholat Dhuha Untuk Kecantikan

Kecantikan merupakan salah satu hal yang sangat diimpikan oleh semua wanita, oleh karena itu selain dengan melakukan perawatan, umat muslim bisa juga merawat kecantikan dengan melakukan sholat baik sholat wajib / sholat 5 waktu maupun sunah, salah satunya sholat dhuha.

6. Kebersihan Muka

Selain beberapa manfaat di atas, sholat dhuha juga sangat bermanfaat untuk kecantikan yang mana pada saat berwudhu wajah akan dibasuh dengan air bersih sehingga kulit juga akan selalu terjaga kebersihannya. Kemudian juga pada saat berwudhu dan saat membasuh wajah dengan tepat tentu saja kulit akan kencang sehingga tidak mudah kendur dan memberikan manfaat agar awet muda.

7. Wajah Berseri

Selain itu juga dengan menjalankan sholat dhuha serta sholat 5 waktu tentu saja kecantikan akan terpancar secara alami dengan sendirinya sehingga setelah berwudhu serta menjalankan sholat biasanya wajah seseorang akan terlihat lebih berseri. Dan hal terseut juga sudah banyak yang membuktikannya.

Manfaat Sholat Dhuha Untuk Kesuksesan

Selain berusaha, berdoa juga merupakan salah satu cara untuk mendapatkan kesuksesan bagi setiap orang, untuk umat muslim sendiri cara berdoa adalah dengan menjalankan ibadah sholat, termasuk sholat dhuha.

8. Membuka Pintu Rezeki

Pada dasarnya sholat dhuha memang sangat bermanfaat untuk membukakan pintu rezeki, tak hanya itu tetapi juga akan membantu dalam mendapatkan kesuksesan. Namun kesuksesan juga tidak bisa didapatkan hanya dengan berdoa tanpa ada usaha, oleh karena itu agar lebih seimbang dan juga menjadi berkah, semuanya harus dilakukan yaitu dengan berusaha dan ditunjang dengan berdoa, salah satunya dengan menjalankan sholat dhuha tersebut. Jadi itulah beberapa yang perlu diketahui oleh semua umat muslim mengenai manfaat sholat dhuha.

Baca Juga: Tips Agar Tidak Malas Bangun untuk Shalat Malam

Itulah panduan tata cara shalat dhuha, lengkap bersama niat dan doa shalat dhuha yang dapat membantumu agar lebih mudah untuk beribadah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Aamiin.

  • Bagikan