6 Contoh Proposal Pengajuan Dana untuk Berbagai Keperluan

  • Bagikan
6 Contoh Proposal Pengajuan Dana untuk Berbagai Keperluan
proposaldansurat.web.id

Seruni.id – Contoh proposal pengajuan dana yang akan Seruni ulas pada artikel kali ini, mungkin akan berguna untuk membantu kamu dalam membuatnya. Maka dari itu, simak selengkapnya berikut ini, ya.

6 Contoh Proposal Pengajuan Dana untuk Berbagai Keperluan
proposaldansurat.web.id

Ketika kamu ingin membuat sebuah acara, usaha, atau pembangunan, tetapi dana yang dimiliki terbatas. Maka, kamu bisa mencari sponsor atau investor yang mau menjadi donatur. Namun, kamu tidak bisa meminta dengan seenaknya, seperti anak yang meminta uang jajan kepada orangtuanya. Diperlukannya sebuah proposal pengajuan dana, agar para donatur tahu jelas berapa yang dibutuhkan dan untuk apa dana tersebut.

Di dalam sebuah proposal pengajuan dana yang baik dan benar, biasanya terdapat berbagai rincian seperti tujuan pengajuan dana, jumlah yang diajukan, dan berbagai daftar lainnya. Dalam penyusunannya pun harus jelas dan realistis, sehingga orang atau perushaan yang diberi pengajuan mempercayai proposal yang kamu kirimkan. Jika kamu ingin membuat proposal, tapi belum begitu paham cara pembuatannya, berikut Seruni akan memberikan tips serta contoh proposal pengajuan dana untuk berbagai kegiatan.

 

Tips Menulis Proposal Pengajuan Dana

Sebelum memberikan contoh proposal pengajuan dana, Seruni ingin memberikan tips yang akan berguna ketika kamu menulis proposal tersebut. Tips berikut ini penting banget untuk diperhatikan agar penulisan proposal menjadi lebih jelas.

Informatif

Saat menulis proposal pengajuan dana, tulislah informasi sejelas mungkin terkait maksud dan tujuan dari proposal tersebut. Sebab, apabila isi proposal mencerminkan sesuatu hal yang baik, seperti untuk modal usaha atau kegiatan positif lainnya maka donatur pun tidak akan sungkan memberikan dana.

Profesional

Dalam mengajukan permohonan dana ke sebuah perusahaan, logika dan profesionalitas harus diutamakan. Usahakan untuk tidak terlibat emosi atau perasaan. Intinya, kamu tidak boleh berharap lebih apalagi sampai memaksa jika sang donatur kurang tertarik dengan proposalmu.

Transparasi

Transparasi menjadi hal yang penting dilakukan dalam membuat proposal pengajuan dana. Berikanlah laporan yang jelas dan lengkap sejak awal. Kamu dapat menyebutkan berapa jumlah dana keseluruhan yang dibutuhkan, untuk apa saja, dan dari mana saja pemasukkannya.

 

Contoh Proposal Pengajuan Dana

Sudah tahu kan beberapa tips dalam pembuatan proposal, agar para donatur yakin untuk menyetujui pengajuan dana yang kamu butuhkan? Kalau sudah, yuk kita lanjut dengan melihat contoh proposal pengajuan dana berikut ini.

 

1. Contoh Proposal Pengajuan Dana untuk Usaha

Latar Belakang

Secara geografis, Desa Alam Indah, terletak di pesisir pantai yang lautnya kaya akan biota laut, baik ikan hias hingga ikan konsumsi. Mayoritas penduduk di sana, memiliki mata pencaharian sebagai pembudidaya ikan hias skala rumah tangga. Selain itu, tak sedikit pula yang menekuni pekerjaan lain seperti berkebun, beternak, dan lainnya.

Namun, sebagian masyarakat yang menekuni bidang pembudidayaan ikan hias, kerap dihadapkan dengan masalah pada harga bibit yang terjun bebas. Sehingga perbandingan antara tenaga dan biaya operasional tidak seimbang.

Umumnya, hal ini terjadi lantaran beberapa faktor, mulai dari over produksi, faktor alam, dan faktor lainnya. Alhasil, banyak para pekerja dan pemilik dari usaha tersebut beralih profesi bahkan eksodus ke daerah lain untuk mencari sumber penghasilan lain.

Tujuan

Secara singkat dapat kami paparkan tujuan dibentuknya kelompok nelayan (nama kelompok usaha) Desa Alam Indah sebagai berikut:

  • Meningkatkan hasil penangkapan ikan konsumsi, dengan tersedianya fasilitas serta alat-alat penangkapan yang memadai;
  • Merubah pola pikir setiap anggota, dari menangkap ikan sebagai pekerjaan sambilan, menjadi profesi utama yang menjanjikan dan menghasilkan;
  • Sebagai media informasi dan bertukar pikiran dengan terbentuknya kelompok nelayan serta dibangunnya balai kelompok nelayan yang refresentatif, di mana sebelumnya masing-masing anggota berjalan sendiri-sendiri;
  • Menanamkan rasa kerja sama dan solidaritas sesama nelayan.

Kendala

Namun, dari kegiatan penangkapan ikan konsumsi yang telah dilaksanakan, kamu menemui sejumlah kendala yang mengambat. Adapun kendala tersebut di antaranya:

  • Tidak adanya fasilitas penunjang yang semestinya dimiliki. Seperti jaring penangkap ikan, perahu viber, genset, maupun mesin dorong;
  • Tidak adanya modal untuk pengadaan fasilitas penunjang sebagaimana yang disebutkan di atas. Oleh karena itu, anggota kelompok adalah masyarayat dengan penghasilan pas-pasan.

Daftar Kebutuhan Fasilitas Kelompok Nelayan

  • Terlampir

Penutup

Sebuah keinginan besar ingin dicapai melalui terbentuknya kelompok nelayan (tulis nama kelompok usaha) Desa Alam Indah, serta dengan adanya fasilitas dan alat-lat penunjang penangkapan ikan konsumsi, yakni agar bagaimana kesejahteraan anggota khususnya serta masyarakat pada umumnya dapat meningkat.

 

2. Contoh Proposal Pengajuan Dana Kegiatan Organisasi

Latar Belakang

Organisasi pencinta alam Red Hikers adalah kelompok mahasiswa di Universitas Merdeka yang menggunakan media alam bebas sebagai sarana pendidikan. Adapun anggota dari organiasi ini, berasal dari latar belakang, suku, agama, dan ras yang berebda. Bukan hanya sebagai pegiat alam, para anggota jugaturut aktif dalam berbagai kegiatan sosial lainnya. Salah satunya adalah kegiatan donor darah, yang rutin dilakukan setiap enam bulan sekali.

Tujuan Kegiatan

Donor darah merupakan sebuah kegiatan sosial yang rutin kami lakukan, terkhusus di lingkungan kampus, Universitas Merdeka. Tujuan dari kegiatan ini, tak lain untuk mewujudkan sikap peduli dan sukarela dalam membantu sesama. Kegiatan donor darah ini, telah bekerja sama dengan unit Palang Merah Indonesia (PMI) setempat.

Nama dan Tema Kegiatan

Nama kegiatan donor darah kali adalah “Drakor (Donor Darah Red Hiker)” dengan tema “Langkah Kecil untuk Sesama”.

Tempat dan Waktu Kegiatan

Hari/Tanggal: Sabtu, 20 November 2021
Waktu: 09.00 WIB – 13.00 WIB
Tempat: Area parkir Universitas Merdeka

Bentuk Kegiatan

Kami tidak hanya menyelenggarakan donor darah saja. Ada pula kegiatan lainnya yang turut memeriahkan acara, seperti pembagian souvenir, liver musik, dan seminar tentang kegiatan. Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, kami bermaksud untuk meminta bantuan dana demi terlaksananya kegiatan ini.

Anggaran yang Dibutuhkan

  • Terlampir

Demikianlah proposal pengajuan dana ini saya buat, sekiranya hal ini dapat dipertimbangkan untuk pemberian dana tersebut. Saya ucapkan terima kasih.

 

3. Contoh Proposal Pengajuan dDana Renovasi Mushola

Latar Belakang

Alhamdulillah puji syukur kami panjatkan atas kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan hidayah, inayyah, serta rahmat-Nya kepada kami semua. Sholawat dan salam, tak lupa senantiasa tercurah kepada junjungan kita, Nabi Besar Muhammad SAW sebagai panutan terbaik umat yang membawa cahaya Islam.

Seperti yang kita tahu, mushola merupakan tempat berkumpulnya umat Islam untuk menunaian ibadah wajib, khususnya sholat berjamaah. Mushola juga merupakan wadah untuk berdakwah dan syiar Islam. Melalui musola pula, umat bisa melakukan aktivitas ibadah san syiar Islam yang lebih efektif dan efesien untuk dilaksanakan umat agar senantiasa diwarnai oleh sikap hidup yang
berlandaskan kebersamaan yang Islami.

Utamanya dalam hubungan dengan sesama manusia baik dalam rumah tangga, bermasyarakat, berbangsa dan yang utama adalah hubungan manusia dengan Allah SWT. Musholla juga menjadi tempat seorang hamba untuk mengabdi kepada Allah SWT.

Maksud dan Tujuan

Adapun maksud dari penulisan proposal ini adalah untuk meminta bantuan dana kepada (tulis namanya, baik perusahaan atau perorangan), guna merenovasi mushola yang ada saat ini. Renovasi ini pun bertujuan agar:

  • Dapat memperkokoh bangunan, sehingga memberikan rasa aman bagi para jamaah.
  • Mengantisipasi perkembangan di masa mendatang, mengingat jumlah penduduk yang semakin meningkat dari tahun ke tahun.
  • Guna memberikan dorongan moril bagi masyarakat sekitar untuk lebih giat dalam melaksanakan ibadah di mushola secara berjamaah.

Rencana Anggara Biaya

  • Terlampir

Rencana Pelaksanaan Kegiatan

Pembangunan akan dilaksanakan dengan sistem langsung setelah mendapatkan bantuan dari (tulis nama perusahaan, lembaga, atau perorangan), demi memudahkan dalam efeisensi waktu dan untuk mencapai kualitas hasil yang prima, serta maksimal sesuai prosedur jarak dan juknis yang ditentukan. Adapun waktu pelaksanaan kegiatan pembangunan selama kurang lebih 60 hari kerja.

Penutup

Dengan ini, kami menyatakan bahwa kami tidak menduplikasi biaya yang tertera dalam rencana anggaran biaya tersebut. Demikian surat pernyataan ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Apabila di kemudian hari surat keterangan ini tidak benar yang berakibat kerugian negara, maka saya bersedia menanggung kerugian tersebut.

 

4. Contoh Proposal Pengajuan Dana Olahraga Futsal

Latar Belakang

Futsal merupakan salah satu olahraga yang cukup populer di kalangan para pelajar dan mahasiswa. Dengan demikian, beberapa tahun belakangan ini, kami mendirikan sebuah organisasi olahraga yang bernama “Persatuan Mahasiswa Jakarta”, yang menaungi seluruh mahasiswa dari berbagai universitas untuk ikut berlatih dan mengasah kemampuan di bidang olahraga futsal.

Di setiap universitas memang memiliki lapangan futsal khusus yang memiliki jumlah dan ukuran yang terbatas. Sementara, kami membutuhkan lapangan yang lebih luas untuk bisa berlatih sekaligus bisa dipakai untuk bertanding oleh para pelajar mahasiswa agar bebas dan leluasa.

Dengan adanya fasilitas tersebut, akan menunjang semangat kami untuk berlatih. Terlebih, menjelang Piala Indonesia yang akan digelar tahun depan. Sehingga tim-tim membutuhkan latihan yang maksimal dengan membutuhkan berbagai fasilitas dan perlengkapan. Sebab, latihan saja tidak cukup, jika tidak ditunjang dengan fasilitas yang mendukung.

Selain itu, regenerasi juga sangat penting demi melanjutkan bakat-bakat yang sudah ada dan sudah mulai pensiun. Oleh karena itu kami “Persatuan Futsal Mahasiswa Jakarta”, hadir unutk memenuhi kebuthan tersebut, mengingat usia para anggota yang masih sangat muda, yakni mulai 19 tahun ke atas. Dengan demikian, prestasi futas Jakarta tidak akan terhenti pada satu titik saja.

Nama Organisasi

Persatuan Futsal Mahasiswa Jakarta atau disingkat dengan sebutan PFMI.

Maksud dan Tujuan

Terbentuknya organisasi ini, tentu ada tujuan dan manfaat tersendiri bagi para mahasisa, khususnya yang tergabung di PFMI. Adapun tujuannya adalah:

  • Upaya regenerasi pemain futsal profesional di masa mendatang.
  • Menjadi wadah bagi para mahasiswa yang memiliki bakat di bidang futsal serta bisa mengembangkannya.
  • Ikut serta dalam memajukan olahraga futsal, khususnya di Jakarta.
  • Membantu memberikan fasilitas yang cukup bagi mereka.

Sasaran

PFMI mewadahi semua mahasiswa Jakarta yang memiliki bakat dan prestasi dalam bidang futsal. Dengan minimal usia 19 tahun.

Perincian Kegiatan

Kegiatan ini terbagi menjadi beberapa bagian, seperti jangka tahunan yang diadakan setahun sekali dan merupakan satu di antara program jangka panjang, di antaranya adalah:

  • Pelatihan dilaksanakan empat kali pertemuan dalam seminggu.
  • Seleksi mahasiswa untuk mendapatkan anggota dan tim baru.
  • Pembinaan selama satu bulan.
  • Pertandingan percobaan.
  • Evaluasi hasil laga percobaan.
  • Pemusatan pelatihan menjelang diadakan pertandingan khusus.

AD/ART dan GBHK Organisasi

  • Terlampir

Anggaran Dana

  • Terlampir

Penutup

Demikianlah proposal pengajuan dana ini kami buat. Besar harapan kami, organisasi dapat berkembang dan berkontribusi dengan maksimal untuk dunia olahraga Jakara dan bermanfaat bagi para mahasiswa yang berbakat.

Akhir kata, kami selaku organisasi Persatuan Futsal Mahasiswa Jakarta, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah ikut berpartisipasi. Semoga selalu diberikan bimbingan oleh Tuhan dan kekuatan serta perlindungan bagi kita semua.

 

5. Contoh Proposal Pengajuan Dana Kegiatan Lomba

Latar Belakang

Sebuhungan dengan datangnya hari kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus, sebagai bagian dari bangsa Indonesia, maka menjadi kewajiban bagi kita untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Hari kemerdekaan adalah tonggak sejarah perjuangan bangsa yang harus kita pertahankan. Selain mempertahankan kemerdekaan, sebagai generasi penerus bangsa, tentunya kita harus mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif dan dapat menumbuhkan rasa kecintaan dan semangat nasionalisme.

Dengan demikian, para siswa/i diharuskan untuk mengisi momen 17 Agustusan ini dengan kegiatan yang mengingatkan kita pada semangat para patriot pembela bangsa. Maka dari itu, kami selaku panitia akan mengadakan Peringatan Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia bagi siswa/i SMA 1 Perintis.

Nama dan Tema Kegiatan

Kegiatan ini merupakan sebuah Perayaan Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia 17 Agustus 2022. Dengan mengusung tema “Menuju Indonesia Unggul”.

Dasar Pelaksanaan Kegiatan

  • UUD 1945
  • Pancasila
  • AD/ART Osis SMA 1 Perintis
  • Program Kerja Osis SMA 1 Perintis

Maksud dan Tujuan

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah:

  • Menumbuhkan rasa persatuan, kesatuan, dan kekeluargaan bagi siswa/i SMA 1 Perintis.
  • Sebagai momen untuk mengenag jasa para pahlawa yang telah gugur demi memperjuangkan kemerdekaan.
  • Meningkatkan kesadaran akan besarnya jasa para pejuang kemerdekaan dan nasional dalam merebut kemerdekaan Indonesia.
  • Meningkatkan jiwa sportifitas dalam meraih prestasi.
  • Mendorong rasa bangsa dan cinta tanah air.

Peserta

Peserta perayaan HUT ke-77RI adalah siswa-siswi kelas X sampai XII, serta guru-guru dan karyawan SMA 1 Perintis.

Waktu dan Tempat

Kegiatan “Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77, 17 Agustus 2022” ini akan diselenggarakan pada :

Hari, Tanggal : Sabtu, 17 Agustus 2019
Waktu : 08.00 WIB.
Tempat : Di SMA 1 Pergerakan

Susunan Kepanitiaan

  • Ketua :
  • Sekretaris :
  • Bendahara :
  • Seksi Acara :
  • Seksi Dokumentasi :
  • Seksi Upacara :
  • Seksi Peralatan :
  • Seksi Lomba :
  • P3K :

Susunan Acara

  • Pukul 07.00 – 09.00 : Upacara peringatan HUT ke-74 RI
    Petugas upacara dari Pengurus OSIS
  • Pukul 09.00 – 12.00 : Perlombaan

Balap Karung
Balap Bakiak
Baca Puisi
Tarik Tambang
Pidato Kemerdekaan
Lomba Makan Kerupuk

Rencana Anggaran

  • Terlampir

Penutup

Demikian proposal pengajuan dana lomba ini kami buat, semoga dapat menjadi gambaran atas rencana kegiatan perayaan HUT RI ke-77. Kegiatan ini tidak akan terwujud tanpa bimbingan dari bapak/ibu sekalian.

Kami selaku panitia, memohon dukungan baik moral, maupun materi demi terlaksananya acara ini. Semoga apa yang kita usahakan ini, menjadi amal sholih yang diiringi keikhlasan, sehingga berbuah pahala dari Allah SWT. Terima kasih.

 

6. Contoh Proposal Pengajuan Dana Kegiatan Sekolah

Judul Proposal

Gelar Seni dan Buaya Siswa-Sisi SMA N 2 Alam Indah Dalam Rangka Peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Latar Belakang

Pentas seni ini menjadi ajang yang tepat untuk menggali potensi dan kreativitas siswa/i di luar potensi akademik. Dengan adanya kegiatan ini, mereka dapat menunjukkan bakat yang dimilikinya kepada publik. Hal ini tentu sangat baik untuk perkembangan siswa/i yang bersangkutan maupun pihak sekolah.

Tema

Pada kegiatan ini, seluruh panitia sepakat untuk mengusung tema “Menjadi Pemuda Produktif, Kreatif, dan Berdikari dalam Meraih Masa Depan”. Melalui tema ini, diharapkan siswa/i SMA N 2 Alam Indah menyadari pentingnya memanfaatkan waktu secara produktif, caranya dengan melakukan berbagai kegiatan kreatif untuk meraih masa depan sesuai dengan apa yang mereka cita-citakan.

Maksud dan Tujuan

Dengan adanya proposal ini, kami bermaksud untuk mengajukan permohonan dana, guna melangsungkan kegiatan yang akan dilakukan di SMA N 2 Alam Indah.

Kegiatan yang Akan Dilakukan

  • Teater
  • Pegelaran musik
  • Sendra tari
  • Drama kolosal
  • Seni islami
  • Pencak silat
  • Stand up comedy

Peserta

Para peserta yang mengisi kegiatan tersebut antara lain adalah siswa/i perwakilan dari setiap kelas. Mulai dari kelas X, XI, dan XII.

Waktu dan Tempat

Hari/tanggal: Senin, 28 Oktober 2022

Pukul: 17.00-20.00 WIB.

Tempat: Lapangan upacara SMA N 2 Alam Indah.

Susunan Panitia

  • Terlampir

Anggaran Dana

  • Terlampir

Demikianlah surat proposal pengajuan dana ini saya buat. Semoga dapat dijadikan pertimbangan oleh bapak/ibu, demi mendukung terlaksananya kegiatan kami. Terima kasih.

Baca Juga: 10 Contoh Surat Resmi yang Bisa Dijadikan Sebagai Panduanmu

Jadi, itulah beberapa contoh proposal pengajuan dana untuk berbagai kegiatan. Semoga dengan adanya contoh proposal pengajuan dana di atas, dapat membantu kalian, ya.

  • Bagikan
seruni.id