22 Jenis Kerajinan dari Kayu yang Unik dan Estetik

  • Bagikan
22 Jenis Kerajinan dari Kayu yang Unik dan Estetik
amazingindonesia.id

Seruni.id – Walaupun terbilang jadul, tapi kerajinan dari bahan kayu masih dicari oleh banyak orang, loh. Kini produk kerajinan dari bahan kayu telah berevolusi menjadi lebih kreatif dan menarik. Tentunya kreasi tersebut tetap terlihat estetik, natural, dan berkesan vintage. Jika dibandingkan dengan produk yang terbuat dari plastik, kerajinan dari bahan kayu memiliki kesan yang lebih alami serta kuat.

Para pengrajin lebih memilih kayu sebagai bahan kerajinan yang bernilai tinggi. Meski tingkat kesulitannya pun tinggi, daripada bahan dasar kerajinan lainnya, kayu juga sering dijadikan sebagai bahan untuk membuat kerajinan tangan alias handmade sendiri di rumah. Meski demikian, kayu yang digunakan tidak bisa sembarangan, ya.

Sebab, setiap kayu memiliki karakteristik, ciri khas, hingga kegunaannya masing-masing. Bahkan, jika dilihat dari tekstur dan berat kayu, bisa dijadikan kerajinan yang berbeda-beda juga, sehingga kamu pun bisa menyesuaikan sesuai jenis dan kegunaannya. Nah, biar kamu tidak bingung dengan jenis-jenis kayu yang sering digunakan bahan kerajinan, yuk intip di sini:

Jenis-jenis Kayu

1. Jati

Kayu jati banyak ditemukan di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Kayu yang dikenal kokoh ini, disebut sebagai rajanya kayu. Dibandingkan dengan jenis lainnya, kayu jati memiliki daya tahan terbaik dan lebih awet dijadikan sebagai furnitur atau perabotan rumah. Dengan warna dasar cokelat muda, memiliki serat yang lurus, serta tekstur sedikit kasar, kayu jati kerap dijadikan sebagai bahan pembuatan mebel.

2. Pinus atau Jati Belanda

Pinus jati juga sering dijadikan sebagai salah satu kerajinan dari kayu, loh. Walaupun memang tak sekuat jati. Kayu pinus atau sering disebut Jati Belanda ini konon paling banyak dimintani. Alasannya karena kayu pinus memiliki bobot yang tergolong ringan, serta harganya yang terjangkau. Dengan warna terang dan mudah ditimpa warna lainnya, kayu pinus banyak dijadikan sebagai kerajinan dari kayu estetik dan perabot minimalis.

3. Mahoni atau Mahogani

Sebagaimana kayu jati, kayu mahoni juga sering dipilih untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan mebel, alat olahraga, maupun alat musik. Sebab, kayu mahoni disebut memiliki daya tahan dan keawetan yang cukup tinggi. Kendati demikian, jenis kayu ini memerlukan perawatan yang lebih terjaga karena tidak terlalu tahan dengan serangan rayap.

4. Trembesi

Selain ketiga jenis kayu di atas, ada pula kayu trembesi yang identik dengan warna putih yang apik pada bagian pinggirannya dan warna cokelat untuk warna tengahnya. Biasanya kayu jenis ini dijadikan sebagai bahan untuk membuat meja maupun furnitur lainnya.

5. Akasia

Memiliki warna kecoklatan, serat menarik, dan proses pengolahan yang mudah, kayu akasia dianggap sebagai jenis kayu yang mirip dengan jati. Meski begitu, jenis kayu ini dianggap rentan diserang rayap maupun jamur, mengeluarkan aroma yang tidak sedap, serta lebih berat.

Ciri Kayu yang Cocok untuk Dijadikan Kerajinan

Sebelum kita membuat kerajinan dari kayu, ada baiknya untuk memerhatikan beberapa hal dibawah ini yang akan membantu kamu menjadikan kerajinan dari kayu yang dibuat menjadi berkualitas.

Jenis Kayu

Tidak semua jenis kayu dapat dijadikan sebagai kerajinan tangan, ya. Maka dari itu, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian dalam memilih bahan baku kayu. Yang pertama ialah perhatikan jenis kayu yang dipilih. Dalam membuat kerajinan tangan yang berkualitas pastinya jenis kayu harus yang baik dan berkualitas juga. Pilih kayu yang kuat dan tahan rayap. Salah satu contohnya ialah kayu jati.

Perhatikan Kadar Air Dalam Kayu

Jangan lupa perhatikan juga kadar air dalam kayu pada saat memilih bahan untuk membuat kerajinan dari kayu. Bahan baku kayu ini tentu mempunyai kadar air yang berbeda di setiap jenisnya. Maka dari itu keringkan terlebih dahuli kayu yang akan digunakan dalam membuat kerajinan tangan dari kayu. Kamu harus pastikan dahulu bahwa kadar air dari kayu tersebut benar-benar rendah. Karena jika kadar air dalam kayu tersebut masih tinggi maka sangat berpotensi membuat kayu itu mudah susut atau bahkan mudah retak. Untuk mengetahui kadar air dalam kayu tersebut, kamu bisa menggunakan alat tes kadar air khusus untuk kayu.

Ketahanan Terhadap Rayap

Apabila ingin bahan kerajinan dari kayu awet tentu wajib memilih kayu yang berkualitas. Gunakan kayu yang anti rayap dan membuat kerajinan lebih awet dipajang. Jika kayunya tidak anti rayap bisa juga kamu lapisi kayu dengan bahan lapis anti rayap saat pada proses finishing. Selain itu juga agar produk kerajinan tangan menjadi lebih tahan terhadap rayap letakkan produk di tempat yang bersih. Lakukan perawatan juga terhadap produk secara bertahap. Penggunaan produk anti rayap juga sangat disarankan.

Lingkungan Sekitar

Pemilihan lingkungan kayu untuk kerajinan tangan juga harus yang tepat. Salah satu kriteria yang pantas adalah kayunya harus ramah dengan lingkungan. Ini bertujuan agar sumber daya hutan tidak cepat habis dan bisa digunakan untuk generasi selanjutnya. Kayu-kayu limbah pun juga masih bisa dijadikan kerajinan tangan. Dengan memanfaatkan kayu limbah tersebut berarti kamu juga ikut berpartisipasi menjaga lingkungan sekitar. Sisa industri atau sisa furnitur kayu sangat bisa didaur ulang agar tidak menjadi sampah bagi lingkungan.

Disarankan Dioven Terlebih Dahulu

Sesaat sebelum menggunakan kayu sebagai bahan kerajinan tangan ada satu proses yang harus dilakukan. Sebaiknya sebelum digunakan kayu harus dioven terlebih dahulu. Proses ini bertujuan agar mengurangi kadar air supaya produk yang dihasilkan tidak cepat retak. Biasanya kayu dioven sebulan dengan suhu sekitar 60 derajat celcius. Pengovenan ini juga bisa menghilangkan penyakit kayu. Selain itu kayu juga menjadi lebih tahan lama dan tahan terhadap serangan rayap.

Macam-macam Kerajinan dari Kayu

Setelah mengetahui jenis-jenis kayu yang sering digunakan untuk membuat kerajinan, berikut ini Seruni ingin mengulas beberapa kerajinan dari kayu yang mempunyai nilai tinggi dan sangat mudah dalam pembuatannya. Kamu juga bisa coba di rumah, loh. Kerajinan dari kayu seperti apa saja, ya? berikut contoh beserta gambarnya.

1. Kursi

Kerajinan dari Kayu yang Unik dan Estetik
pinterest.com

Kerajinan dari kayu memiliki bentuk yang beragam, salah satu yang sering dibuat adalah kursi. Pembuatannya cukuplah mudah. Kamu hanya memerlukan paku dan kayu yang berbentuk panjang hingga membentuk segi empat. Karena terbuat dari kayu, pastinya kursi tersebut kurang nyaman jika dipakai terlalu lama. Nah, agar tetap nyaman, kamu bisa menambahkan bantalan. Kamu juga bisa memberikan warna favoritmu atau disesuaikan dengan tema ruangan yang akan ditempatkan kursi kayu tersebut.

2. Meja Kayu

Kerajinan dari Kayu yang Unik dan Estetik
deco-point.com

Kehadiran kursi rasanya kurang lengkap tanpa adanya meja. Kamu juga bisa menyulap kayu palet menjadi sebauh meja yang estetik, loh. Dengan begitu, ruangan akan terasa bernuansa rustic. Cara membuat kerajinan kayu pun cukup mudah, agar tampak seperti meja, kamu harus memaku kayu-kayu yang berbentuk persegi panjang. Meja tersebut bisa kamu jadikan sebagai meja makan dan bisa dicat sesuai dengan warna kesukaanmu.

3. Lampu Hias

Kerajinan dari Kayu yang Unik dan Estetik

Buat kamu yang suka mengoleksi pernak-pernik dengan gaya vintage, kamu tak perlu membelinya untuk bisa mendapatkannya. Karena kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Misalnya dengan membuat lampu hias berbahan dasar kayu bekas. Kamu bisa membuat berbagai bentuk sesuai dengan keinginanmu. Bukan hanya menyenangkan, hal ini juga akan mengasah kekreatifitasanmu, loh. Selain menjadi terlihat vintage, kerajinan dari kayu yang satu ini juga bermanfaat untuk menerangi rumahmu.

4. Kalender Kayu

Kerajinan dari Kayu yang Unik dan Estetik

Bosan dengan kalender kertas yang setiap tahunnya pasti diganti? Kalau iya, beralih saja ke kalender kayu, yang tetap bisa kamu gunakan, meski tahun terus berganti. Kerajinan dari kayu yang satu ini akan memberikan kesan simpel dan natural, cocok sekali jika dijadikan sebagai hiasan di atas meja maupun di sudut ruangan. Dengan bentuk kubus, kamu dapat leluasa meletakkan kalender ini di tempat manapun. Tak terlalu mahal, tergantung dari ukuran, jenis, dan motifnya, kalender kayu umumnya dibanderol dengan harga 50 ribu hingga 300 ribu saja.

5. Tempat Tidur dari Palet

Kerajinan dari Kayu yang Unik dan Estetik
bukalapak.com

Memiliki tempat tidur yang nyaman dan tidak membuat tubuh sakit ketika digunakan, sepertinya menjadi harapan banyak orang. Namun, sayangnya, harga yang ditawarkan pun tidaklah murah. Tapi tenang saja, kamu bisa loh membuat kerajinan dari kayu berupa tempat tidur sesuai seleramu hanya dengan memanfaatkan kayu palet. Untuk membuatnya, kamu perlu ekstra paku. Dan tentunya membutuhkan cukup banyak kayu palet. Namun, jangan salah, karena kamarmu akan menjadi super romantis, loh.

6. Tatakan Gelas

Kerajinan dari Kayu yang Unik dan Estetik
bukalapak.com

Meski sederhana, tapi kerajinan dari kayu yang satu ini bisa memiliki nilai jual, loh. Apalagi, tatakan gelas ini tampak beda dari tatakan gelas pada umumnya. Kerajinan dari kayu ini memberikan kesan natural dan estetik. Tak heran kalau saat ini menjadi tren, terutama bagi para pencinta tema rustik dan vintage. Biasanya tatakan gelas kayu ini terbuat dari potongan kayu pinus, tanpa merubah bentuknya. Hanya melakukan finishing saja hingga pengecatan lapisan bening. Karena bentuknya yang unik dan estetik, tatakan gelas dari kayu ini, sering digunakan di kafe, restoran, hingga rumahan. Kalau kamu ingin membelinya, cukup siapkan uang mulai 6.000 rupiah per buahnya.

7. Alat Makan Kayu

Kerajinan dari Kayu yang Unik dan Estetik
tokopedia.com

Selain tatakan gelas, ada banyak sekali kerajinan dari kayu yang unik dan menarik. Misalnya alat makan berbahan dasar kayu. Kerajinan dari kayu yang satu ini kini menjadi buruan banyak orang. Selain tampilannya yang estetik, alat makan kayu sangat ramah lingkungan dan cocok untuk dijadikan sebagai pilihan di era new normal ini. Adapun alat makan yang bisa dibuat tidak hanya sendok dan garpu saja, tai juga piring, mangkok, sedotan, talenan, dan lainnya. Harga kerajinan dari kayu berupa alat makan ini terbilang standar dan tidak terlalu mahal, meski memang akan lebih mahal dari peralatan pada umumnya yang terbuat dari stainless steel dan keramik. Yakni mulai dari Rp10.000 per buah untuk sendok garpu, dan mulai Rp50.000 untuk peralatan makan lainnya seperti piring dan mangkok.

8. Lemari Pakaian Kayu

Kerajinan dari Kayu yang Unik dan Estetik
blibli.com

Ingin menghemat pengeluaran, tapi juga ingin memiliki lemari pakaian baru? Sebagai solusinya, kamu bisa membuat lemari pakaian sendiri menggunakan kayu palet. Dengan memanfaatkan kayu palet, desain lemari pakaianmu akan menjadi menarik dan berbeda dari biasanya. Cara mudah membuat lemari pakaian dari kayu palet dengan menyusun bentuk lemari lalu memakunya hingga menyerupai lemari pakaian yang kamu inginkan.

Baca Juga : Tips Merawat Peralatan Memasak Berbahan Kayu Agar Awet dan Tahan Lama

9. Jam Tangan

Kerajinan dari Kayu yang Unik dan Estetik
review.bukalapak.com

Kerajinan dari kayu yang satu ini sudah cukup lama hadir di pasar Indonesia. Hingga kini jam tangan kayu banyak sekali peminatnya, mereka datang dari pencinta kayu dan tema vintage. Dari segi harga, jam tangan kayu dibanderol dengan harga yang cukup mahal dari kerajinan lainnya. Hal itu dikarenakan menggunakan jenis kayu kualitas baik, tahan lama, hingga proses pengerjaannya yang cukup sulit dan detail. Harga jam tangan kayu bisa dibanderol mulai dari Rp300.000 hingga jutaan rupiah. Merek-merek jam kayu lokal terkenal, saat ini sebuat saja seperti Matoa, Ina Watch, Lanccelot dan masih banyak lagi.

10. Gelang Kayu

Kerajinan dari Kayu yang Unik dan Estetik
blibli.com

Mau tampil eksis dengan gaya yang etnik, kamu bisa membuat pernik dari kayu sendiri. Kerajinan tangan yang satu ini mudah dibuat. Selain itu kamu juga bisa menjualnya dan pasti sudah banyak peminatnya.

11. Tempat Sampah

Kerajinan dari Kayu yang Unik dan Estetik
bukalapak.com

Kerajinan dari kayu berikutnya, kamu bisa membuat tempat sampah berbahan dasar kayu palet. Untuk membuatnya cukup mudah, ya. Kamu harus membentuk kayu menjadi kotak, buat satu papan dari kayu palet menyerupai pintu atau penutup (lihat gambar ya) lalu kamu bisa masukkan plastik sampah di dalamnya.

12. Gantungan Baju

Kerajinan dari Kayu yang Unik dan Estetik
id.aliexpress.com

Agar rumahmu semakin rapi dan baju-baju tertata, kamu bisa membuat gantungan baju dari kayu bekas, loh. Kamu bisa menaruhnya di belakang pintu masuk kamar atau bisa juga kamu taruh didindin. Kamu bisa mengecatnya sesuai selera dan tema kamar kamu.

13. Vas Bunga

Kerajinan dari Kayu yang Unik dan Estetik
indonesian.alibaba.com

Vas bunga biasanya terbuat dari keramik maupun kaca, tapi kamu juga bisa kok mebuatnya dari kayu. Kerajinan dari kayu berupa vas ini, tentunya tidak kalah menarik perhatian para pencinta kayu. Terlebih, vas bunga kayu juga bisa diisi dengan berbagai bunga kering, yang bisa menambah kesan vintage. Untuk harga vas kayu sendiri juga beragam, mungkin tergantung dari jenis kayu yang digunakan, hingga bentuk dan proses pembuatannya.

14. Rak Bunga

Kerajinan dari Kayu yang Unik dan Estetik
99.co

Jika biasanya rak bunga terbuat dari besi, kali ini kamu harus coba membuatnya dari kayu bekas. Kerajinan dari kayu ini akan mencuri perhatian siapa saja, loh. Termasuk para pencinta tanaman hias. Karena dengan rak bunga ini tanamanmu akan tertata rapi.

15. Backdrop Lamaran atau Pernikahan

Kerajinan dari Kayu yang Unik dan Estetik

Acara lamaran atau pernikahan yang mengusung tema vintage dan rustik memang bukanlah hal yang baru di Indonesia. Nah, saat menghelat acara sakral tersebut dengan tema vintage atau rustik, kamu pasti membutuhkan backdrop dengan bahan kayu. Fleksibel, backdrop kayu ini dapat dibuat secara minimalis dan simpel, tapi tetap menampilkan kesan mewah dan classy. Dengan harga yang lebih terjangkau, backdrop lamaran atau pernikahan kayu ini selalu bisa menjadi pilihan saat budget terbatas.

16. Casing Smartphone dari Kayu

Kerajinan dari Kayu yang Unik dan Estetik
kapanlagi.com

Kerajinan dari kayu yang berikut ini mungkin saat asing untukmu. Namun, casing berbahan dasar kayu ini akan sangat membantu untuk membuat smartphone-mu menjadi lebih cantik dan estetik karena warna natural yang ditampilkan oleh kayu. Untuk memilikinya, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah atau membelinya melalui e-commerce.

17. Cermin Hias

ztyh.id

Kerajinan dari kayu berupa cermin hias, kini digandrungi banyak orang, loh. Tidak hanya cocok diletakkan di kamar tidur atau tempat privat lainnya, cermin hias kerajinan dari kayu ini juga sering dijadikan sebagai dekorasi ruang tamu. Berbentuk bulat dan biasa dibuat dari bahan kayu jati, cermin hias ini memiliki nilai estetika tinggi serta awet untuk pemakaian jangka panjang. Harga cermin kayu sendiri dengan diameter sekitar 60 cm berkisar antara 500 ribuan hingga jutaan Rupiah.

18. Miniatur Mainan

lemkertas.com

Selain beberapa kerajinan dari kayu diatas, kayu juga bisa dijadikan benda kerajinan berupa miniatur mainan yang sangat cocok dipajang di ruang tamu kamu.

19. Name Signage Kayu

Selain backdrop, kerajinan dari kayu ini juga sering dicari para calon pasangan menjelang pernikahan, yakni tulisan nama dari kayu. Biasanya, pesanan nama dari kayu ini bisa berupa inisial atau nama lengkap kedua pasangan. Tidak hanya untuk keperluan lamaran atau pernikahan, tulisan dari kayu juga bisa digunakan untuk keperluan rumah. Misalnya tulisan nomor rumah, blok, hingga RT/RW. Untuk harga pesanan nama dari kayu dibanderol Rp100.000 per nama, berukuran 30 cm.

20. Asbak

Kerajinan dari kayu juga bisa dibuat menjadi berbagai benda bermanfaat lainnya, loh. Salah satunya adalah asbak. Pembuatan asbak dengan memanfaatkan kayu jati sebenarnya merupakan salah satu hal yang bisa menginspirasi seseorang untuk menjadi peluang usaha.

21. Rak Sepatu

bukalapak.com

Rak sepatu bisa menentukan suasana menjadi menarik, malah justru membuat ruangan menjadi tekesan kotor karena desain rak sepatu yang tidak cocok dengan tema ruangan. Nah kamu bisa membuat rak sepatu sendiri dari kayu palet.

22. Nampan dari Kayu

Fungsi dari nampan ialah untuk menjadi saran dalam membawa gelas yang berisikan minuman untuk para tamu. Dengan adanya nampan dari kayu ini akan menjadikan nampan lebih awet dan tahan lama.

Baca Juga: 9 Cara Ampuh Membasmi Rayap Pada Furnitur Kayu

Bagaimana? Banyak kan, kerajinan dari kayu yang bisa kamu buat sendiri. Setelah kamu tahu kreasi dari kayu bekasi ini, kamu bisa membuatnya sendiri dan akan membuat suasana rumah kamu menjadi menarik dan berwarna tentunya. Semoga ide-ide ini bisa menginspirasi kamu ya.

  • Bagikan
seruni.id