Manfaat Mengonsumsi Matcha untuk Kesehatan

  • Bagikan
Manfaat Mengonsumsi Matcha untuk Kesehatan
halodoc.com

Seruni.id – Matcha tidak hanya sekadar minuman tradisional asal Jepang yang digemari oleh banyak orang. Ternyata ada segudang manfaat mengonsumsi mathca yang jarang sekali kita ketahui. Dengan aromanya yang menenangkan, minuman berwarna hijau ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan sistem imun, loh. Tentunya ini sangat dibutuhkan oleh tubuh, terlebih di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Manfaat Mengonsumsi Matcha untuk Kesehatan
klikdokter.com

Dari segi tampilan, matcha hampir mirip dengan teh hijau, hal ini karena memang keduanya sama-sama berasal dari tumbuhan bernama “Camellia sinesis”, di mana tumbuhan tersebut pertama kali di temukan di negara Tiongkok. Namun, diketahui matcha dibudidayakan secara berbeda dengan teh hijau sehingga memiliki beberapa manfaat yang lebih unggul.

Biasanya, matcha kita temui dengan berbagai olahan makanan dan minuman kekinian, beruntunglah kamu yang menyukai matcha, karena bukan hanya nikmat, tapi kamu juga dapat merasakan manfaat mengonsumsi matcha untuk kesehatan. Lalu, sebenarnya apa saja manfaat mengonsumsi matcha? Yuk simak penjelasannya berikut ini:

1. Sebagai Detoksifikasi

Meski sama-sama teh, tapi matcha berbeda dari the lainnya, ya. Apalagi jika melihat dari teknik penanaman atau proses budidaya yang menjadikannya sebagai teh hijau dengan tingkat klorofil yang cukup tinggi. Kandungan klorofil di dalam matcha dapat membantu proses detoksifikasi pada tubuh secara alami. Sehingga proses ini akan menghilangkan logam berat, racun dan bahan kimia lainnya yang masuk ke dalam tubuhmu.

2. Melawan Radikal Bebas

Manfaat mengonsumsi matcha berikutnya yakni dapat melawan radikal bebas. Hal ini karena matcha mengandung antioksidan alami bernama katekin dengan jumlah tinggi. Kandungan tersebut tidak hanya dapat melawan radikal bebas saja, tapi juga bisa meningkatkan imunitas serta mencegah berbagai penyakit. Adapun jumlah katekin dalam matcha sekitar 137 kali lebih tinggi daripada jenis teh hijau lainnya.

3. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Menjaga kekebalan tubuh menjadi prioritas utama di masa pandemi ini. Nah, inilah salah satu manfaat mengonsumsi matcha yang bisa kamu rasakan. Dengan mengonsumsi matcha dapat menjaga kondisi tubuhmu, karena mengandung sumber vitamin A dan C, potassium, protein, zat besi serta kalsium. Tidak hanya itu, terdapat pula senyawa Epigallocatechin gallate (EGCg) yang merupakan suatu senyawa dalam teh hijau yang bisa membunuh sel-sel kanker mulut tanpa merusak sel normal. Senyawa ini juga berperan dalam melindungi tubuh dari paparan infeksi virus serta menghentikan pertumbuhan berbagai penyakit seperti radang tenggorokan bahkan hepatitis.

4. Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Konsentrasi

Karena mengandung asam amino L-theanine, matcha juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan konsentrasi dan kemampuan kognitif. Mengutip dari laman Halodoc, dalam penelitian pada 2017 lalu terhadap 20 responden pria yang diberi 200 miligram matcha, mengalami peningkatan dalam kemampuan kognitif dan konsentrasi.

5. Menurunkan Risiko Kanker

Salah satu manfaat mengonsumsi matcha yang tak kalah penting adalah daapt menurunkan risiko kanker. Hal ini karena matcha mengandung katekin, sehingga matcha disebut-sebut bisa mencegah perkembangan sel kanker. Namun, penelitian lebih lanjut tentang hal ini masih diperlukan.

6. Memelihara Kesehatan Hati

Pada penelitian pada tikus yang mengidap diabetes selama 16 minggu, matcha diketahui bisa mencegah kerusakan hati dan ginjal. Sementara itu, riset lain menunjukkan bahwa matcha bisa mengurangi kadar enzim dalam hati 80 pengidap penyakit hati berlemak nonalkohol. Kendati demikian, hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut tentang hal ini.

7. Memelihara Kesehatan Gigi

Manfaat mengonsumsi matcha setiap hari, bisa membantu kamu untuk memelihara kesehatan gigi agar tetap dalam kondisi baik. Hal ini karena adanya kandungan dalam matcha yang bisa membantu menjaga kadar asam yang sehat di mulut. Selain itu, fluoride yang terdapat pada tanaman khas Jepang ini juga bisa membantu kesehatan gigi.

Jadi, itulah sederet manfaat mengonsumsi matcha. Namun, kamu tentu tahu kan bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik? Nah, hal ini juga berlaku pada konsumsi matcha. Meski memiliki manfaat, tapi kamu tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan, ya. Sebab, ada risiko tubuh terpapar pestisida, bahan kimia, dan arsenik yang terdapat dalam tempat tumbuhnya teh.

Baca Juga: 5 Jenis Teh yang Sangat Baik untuk Menjaga Pertumbuhan Rambut

Belum lagi jika kamu mengonsumsinya dengan tambahan gula, krim, dan susu. Alih-alih mendapatkan manfaat mengonsumsi matcha, justru risiko diabetes dan obesitas malah menanti. Jadi, sebaiknya batasi konsumsi matcha tidak lebih dari 2 gelas dalam sehari dan jangan terlalu banyak memberi tambahan gula. Kalau ingin sehat, kamu tetap perlu menerapkan gaya hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi seimbang, minum air putih, olahraga teratur, istirahat yang cukup, dan hindari stress.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

seruni.id