Rahasia Agar Dipertemukan Jodoh yang Terbaik

idntimes.com

Seruni.id – Jodoh merupakan takdir yang telah ditetapkan Allah SWT sejak kita berada dalam kandungan. Tidak ada satupun manusia yang mengetahui siapa pasangan kita kelak. Namun, yang wajib dipercaya ialah bahwa Allah SWT telah menciptakan setiap manusia berpasang-pasangan.

Image result for rahasia agar dipertemukan jodoh
infoyunik.com

Walaupun telah ditetapkan oleh Allah, kita sebagai manusia wajib berdo’a dan berikhtiar untuk menjemput jodoh agar diberikan yang terbaik serta diberikan kemudahan dalam menemukannya. Berikut ini rahasia agar dipertemukan jodoh:

Selalu Memperbaiki Diri

Karena jodoh merupakan cerminan diri kita hari ini, maka sangat penting untuk memperbaiki diri lebih baik lagi. Ini adalah asas kepada langkah agar dipertemukan jodoh yang baik. Jika kamu menginginkan seorang pasangan yang soleh pun solehah, maka renungkan dulu apakah diri kamu sendiri layak untuk mendapatkan pasangan hidup yang soleh dan solehah?

Dan jika kamu menginginkan pasangan yang baik dalam agamanya, maka pastikan kamu pun baik agamanya. Jadi, perbaikilah ibadah dan akhlak kita terlebih dulu. Jangan berharap mendapatkan seorang Imam sepeti Ali Bin Abi Thalib jika kamu tidak berperilaku dan berakhlak seperti Fatimah RA.

Niat Kuat untuk Mendapatkan Jodoh

Meskipun Allah telah menyediakan jodoh bagi kita, jangan sampai hal ini membuat kita hanya diam dan pasrah dalam mendapatkan jodoh. Allah senantiasa memerintahkan kepada umat-Nya untuk berusaha, termasuk dalam mencari jodoh ini. Oleh karena itu, jodoh yang sudah ada harus kita jemput melalui berbagai orang atau cara.

Selalu Berdo’a dan Meminta Hanya Kepada Allah SWT

Dalam sebuah hadits riwayat Abu Dawud, Tarmidzi, dan Ibnu Majah, Rasulullah Saw bersabda tentang masalah doa, yang berbunyi :

“Sesungguhnya Allah malu terhadap seseorang yang menadahkan tangannya berdoa meminta kebaikan kepada-Nya, kemudian menolaknya dalam keadaan hampa.”

Perbanyak berdo’a dan meminta dengan sungguh-sungguh kepada Allah SWT. Karena Allah tidak akan pernah mengabaikan permintaan hambanya yang dilakukan dengan kesungguhan hati. Terlebih lagi hal yang diharapkan datang tersebut adalah hal yang akan membawa banyak kebaikan.

Bergaul dengan Orang-orang Soleh

Salah satu cara yang bisa dilakukam dalam upaya menjemput jodoh adalah dengan bergaul dengan banyak orang. Namun, tentunya dalam islah telah dijelaskan secara detail bagaiman adab bergaul itu sendiri. Bagi setiap muslim di anjurkan untuk berhaul bersama dengan orang-orang yang sholeh. Karena dari sinilah maka semua pintu kebaikan akan di berikan. Sebagaimana kutipan dalam hadist berikut yang berbunyi :

“Seseorang yang duduk (berteman) dengan orang shalih dan orang yang jelek bagaikan berteman dengan pemilik minyak wangi dan pandai besi. Pemilik minyak wangi tidak akan merugikanmu; engkau bisa membeli (minyak wangi) darinya atau minimal engkau mendapat baunya. Adapun berteman dengan pandai besi, jika engkau tidak mendapati badan atau pakaianmu hangus terbakar, minimal engkau mendapat baunya yang tidak enak.” (HR. Bukhari, no. 2101)

Membuka Diri

Bagaimana kamu akan mendapatkan teman, ataupun sahabat? Kenalan atau bahkan jodoh. Jika kamu sendiri tidak membiarkan orang untuk lebih mengenal kamu secara personal. Selain karena menikah merupakan sebuah pertimbangan yang matang. Hampir semua orang yang berjodoh dimulai dari tahap perkenalan, lalu kemudian membuka diri dan saling mengenal untuk menemukan kecocokan. Jika kamu tidak segera membuka diri, maka bagaimana anda aka melewati prosesnya.

Hindari Pacaran

Jangan menyalah artikan bahwa salah satu dipertemukan jodoh dapat ditempuh dengan jalan pacaran. Hal tersebut salah, karena dalam islam sama sekali tidak ada anjuran dan bahka pacaran merupakan hal yang masuk kedalam larangan Allah SWT. Apalagi gaya berpacara anak zaman sekarang lebih pada gaya pacaran yang mendekati zina. Karenanya untuk menjemput jodoh dalam islam tidak diperbolehkan melalui jalan pacaran. Sebagaimana Firman Allah SWT berikut :

“Laki-laki yang berzina tidak mengawini melainkan perempuan yang berzina, atau perempuan yang musyrik; dan perempuan yang berzina tidak dikawini melainkan oleh laki-laki yang berzina atau laki-laki musyrik, dan yang demikian itu diharamkan atas orang-orang yang mukmin”

Bertaubat

Akibat dari dosa dapat menghambat dipertemukan jodoh karena dengan dosa rahmat Allah akan terhalangi. Oleh karena itu, segeralah bertaubat dan selalu instropeksi diri dengan memperbanyak istighfar. Hal ini telah disabdakan oleh Rasulullah, yakni siapa saja yang memperbanyak dalam membaca istighfar dan memohon ampun pada Allah, maka Dia akan membebaskan kita dari kedukaan, melapangkan dari semua kesempitan, serta memberikan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.

Baca Juga: Jangan Tunda Taubatmu!

Semoga Allah mempermudah dan memberimu jodoh yang terbaik! Aamiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.