Benarkah Sate Bisa Tingkatkan Risiko Penyakit Kanker?

cookpad.com

Seruni.id – Sate adalah satu makanan khas Indonesia yang menjadi favorit banyak orang. Harganya yang relatif murah dan juga mudah ditemukan dimanapun membuat makanan enak yang satu ini cocok untuk dikonsumsi sehari-hari. Sayangnya, sate juga disebut-sebut sebagai salah satu makanan yang dapat mengingkatkan risiko penyakit kanker. Seperti apa faktanya? Yuk, simak disini!

Pegipegi.com

Kuliner yang satu berbahan dasar daging yang dimasak dengan cara ditusuk kemudian dibakar ini memang merupakan makanan favorit dari berbagai kalangan tanpa menganal umur. Jenis sate yang bisa kamu temukan di Indonesia juga sangat beragam, mulai dari sate padang, sate madura, dan masih banyak jenis yang lainnya. Meskipun sangat lezat, sayangnya makanan enak yang satu ini dianggap kurang sehat dan bisa menyebabkan kanker. Apa yang sebenarnya membuat kuliner yang satu menjadi makanan yang bisa memicu kanker?

Menurut seorang ahli gizi, Saptawati Bardosono proses pembakaran makanan baik yang menggunakan arang atau lainnya sering dibarengi pembentukan arang atau gosong. Gosong pada makanan ini berbahaya karena mengandung banyak atom karbon, yang dalam jumlah besar bisa memicu timbulnya kanker (karsinogenik). Bahan krsinogen ini dapat mengakibatkan munculnya berbagai jenis kanker seperti kanker prostat.

Memanggang daging pada suhu tinggi dapat menyebabkan munculnya bahan kimia berbahaya seperti heterosiklik (HCA) dan hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH). Kedua bahan kimia tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit kanker prostat.

Pada saat proses pembakaran, lemak daging yang menetes ke arang atau alat pemanas dapat menimbulkan asap yang mengandung PAH. Asap yang menempel pada daging inilah yang bisa memicu kanker.

Baca Juga: Sssssstt.. Terlalu Banyak Makan Daging Olahan Tingkatkan Risiko Anda Kena Kanker Usus Besar!

Tidak dapat dipastikan seberapa besar Anda terpapar HCA dan PAH saat mengonsumsi daging panggang karena cara dan waktu memasak tiap orang berbeda-beda.

Lalu, bolehkah sate di Konsumsi? Meskipun faktanya sate dan makanan lainnya yang dibakar dengana arang mengandung zat-zat karsinogen. Namun Anda masih bisa mengonsumsi makanan lezat dengan beberapa catatan sebagai berikut :

1. Jangan konsumsi berlebihan dan terlalu sering
2. Buanglah bagian daging yang gosong. Banyak orang yang tetapi menyukai bagian gosong ini, padahal sangat berbahaya jika dikonsumsi
3. Jangan makan sate yang dibakar diatas arang secara langsung
4. Jika memasak sate sendiri, masaklah dagingnya terlebih dahulu agar proses pemanggangan tidak berlangsung terlalu lama.
5. Pilihlah daging yang tidak memiliki banyak lemak sehingga tidak banyak lemak yang menetes ke arang dan menimbulkan asap yang berlebihan. Terlebih lagi, lemak memang kurang baik jika dikonsumsi berlebihan.

Jika Anda adalah pecinta kuliner sate, Anda masih tetap boleh menikmati makanan enak satu ini tapi dengan tetap memerhatikan sisi kesehatan, ya!

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.