Sejarah Lagu ‘Hari Merdeka’ dan Sosok Penciptanya

  • Bagikan
Sejarah Lagu 'Hari Merdeka' dan Sosok Penciptanya
republika.co.id

Seruni.id – Hari Merdeka adalah salah satu lagu nasional yang kerap dinyanyikan saat momen upcara memperingati HUT RI pada tanggal 17 Agustus. Lagu Hari Merdeka memiliki makna tersendiri, yaitu sebagai semangat untuk terus berjuang, tidak hanya ditujukan kepada para pejuang, tapi juga pada diri kita dalam mengisi hari kemerdekaan.

Lagu tersebut tercipa, tentunya tak lepas dari segenap perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan. Maka, agar tidak hanya sekadar menyanyi, kita juga harus tahu loh sejarah lagu Hari Merdeka ini. Nah, berikut ini, Seruni telah merangkum sejarah singkat lagu Hari Merdeka beserta beserta liriknya. Simak di bawah ini, ya.

Siapa Pencipta Lagu ‘Hari Merdeka’?

"Sejarah

Lagu 17 Agustus dicipakan oleh Husein Mutahar, ia adalah tokoh negarawan dalam masa-masa awal kemerdekaan Indonesia. Namanya paling dikenal sebagai seorang komponis musik Indonesia. Pria yang lahir di Semarang, 5 Agustus 1916 silam itu juga diketahui sebagai lulusan Hukum Universitas Gajah Mada (FH UGM), Yogyakarta.

Selain sebagai komponis, rupanya Mutahar juga sempat diamanahi beberapa jabatan dalam sistem pemerintahan di Indonesia, di antaranya:

  • Sekretaris Panglima Angkatan Laut RI di Yogyakarta, tahun 1945.
  • Pegawai Tinggi Sekretariat Negara di Yogyakarta, tahun 1947.
  • Duta Besar RI di Vatikan, tahun 1963-1973.
  • Pejabat Sekretaris Jenderal Departemen Luar Negeri, tahun 1974.

 

Sejarah Terciptanya Lagu ‘Hari Merdeka’

"Sejarah

Lagu Hari Merdeka atau sering disebut dengan 17 Agustus, diciptakan oleh Mutahar saat zaman kemerdekaan Indonesia. Terciptanya lagu tersebut, merupakan bentuk syukur atas kemerdekaan yang berhasil diraih oleh Indonesia.

Kala itu, Mutahar tengah menjabat sebagai ajudan Presiden Soekarno. Rupanya, ia pernah menyelamatkan bendera merah putih yang dijahit oleh Fatmawati, dari penjajah saat Soekarno dibuang ke Sumatera.

Lagu nasional 17 Agustus tersebut juga sempat diperdengarkan saat aubade (nyanyian atau musik penghormatan pada pagi hari) yang diminta oleh Presiden Soekarno. Semenjak saat itu, lagu 17 Agustus selalu dikumandangkan saat upacara kemerdekaan dan HUT Republik Indonesia.

 

Lagu-lagu yang Diciptakan Husein Mutahar

"Sejarah

Mutahar tidak hanya menciptakan lagu 17 Agustus saja, tapi ada beberapa judul lainnya. Bahkan, ia juga dikenal sebagai spesialis dalam lagu-lagu Hymne. Adapun beberapa judul lagu ciptaannya di antaranya:

  • Syukur
  • Hari Merdeka
  • Dirgahayu Indonesia
  • Merdeka
  • Himne Pramuka
  • Himne Universitas Indonesia

 

Lirik Lagu

 

Tujuh belas Agustus tahun empat lima
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari merdeka nusa dan bangsa
Hari lahirnya bangsa Indonesia
Mer-de-ka

Sekali merdeka tetap merdeka
Selama hayat masih dikandung badan
Kita tetap setia tetap sedia
Mempertahankan Indonesia
Kita tetap setia tetap sedia
Membela negara kita

Baca Juga: Sejarah dan Isi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Demikianlah sejarah singkat lagu 17 Agustus beserta pencipta dan liriknya. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan