“Virtual Chef, Real Food!” – Lomba Memasak Virtual Pertama di Indonesia untuk Vtubers

Tastemade Indonesia bekerja sama dengan Digikagi menggelar kompetisi memasak virtual yang pertama di Indonesia, khusus untuk para pembuat konten virtual (Vtubers), bernama Taste Trials. Acara ini rencananya akan disiarkan secara online mulai Juli 2024.

JAKARTA, INDONESIA – 25 April 2024 – Dalam upaya merayakan bakat dan kreativitas para Virtual YouTubers (Vtubers) di bidang kuliner, Tastemade Indonesia dan Digikagi dengan bangga mengumumkan penyelenggaraan kompetisi Taste Trials. Kompetisi ini dijadwalkan tayang di channel Tastemade Indonesia mulai bulan Juli 2024, menandai sebuah inovasi dalam konten livestreaming lokal.

Sejak pertama kali populer di Jepang di awal tahun 2010-an, fenomena Vtubers telah berkembang pesat di Indonesia sejak tahun 2020, dengan fanbase yang kini mencapai lebih dari 30 juta orang di Indonesia dan lebih dari 1000 Vtubers aktif. Diperkirakan, pertumbuhan ini akan terus berlanjut di masa mendatang.

Taste Trials bertujuan untuk menjadi wadah bagi para Vtubers untuk menunjukkan keahlian memasak mereka secara langsung kepada penonton online yang setia. Kompetisi ini juga menjadi ajang kolaborasi antara Vtubers dengan penggemar mereka untuk menciptakan hidangan yang mencerminkan persona Vtuber tersebut secara kreatif.

Setiap hidangan yang disajikan akan dinilai dalam sebuah sesi yang dinamakan “Pengadilan Rasa,” dengan Chef Kevin Pangemanan sebagai salah satu juri yang akan menentukan hidangan yang berkompetisi dalam acara tersebut.

Taste Trials akan disiarkan melalui kanal Tastemade dan channel para Vtubers yang terlibat, menargetkan total penonton sebanyak 30.000 dengan empat episode yang akan tayang mulai Juli 2024.

Nico Alyus, CEO Digikagi, mengungkapkan bahwa pendaftaran untuk calon peserta akan dibuka pada Mei 2024. Sementara itu, Roby Bagindo dari Tastemade Indonesia menyatakan bahwa ada total hadiah sebesar 10 juta Rupiah yang siap dibagikan kepada para pemenang Taste Trials 2024. Acara ini juga diharapkan dapat memfasilitasi lebih banyak kolaborasi antara industri kuliner dan bisnis Vtubers.

Roby menambahkan bahwa pihaknya terbuka bagi partisipasi pelaku industri kuliner untuk terlibat dalam acara yang diharapkan bisa berlangsung rutin satu hingga dua kali setahun. Nico juga mengajak para Vtubers yang berminat untuk mengikuti media sosial Tastemade Indonesia dan Digikagi agar tidak ketinggalan informasi terbaru dan dapat mengambil kesempatan ketika pendaftaran dibuka.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Taste Trials, dapat menghubungi Gemilang di [email protected] atau Roby di [email protected].

Tentang Digikagi
Berdiri sejak 2022, Digikagi adalah agensi yang fokus pada penciptaan dan pengembangan konten untuk kreator virtual (Vtubers).

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES