10 Manfaat Skipping untuk Kesehatan Tubuh

10 Manfaat Skipping untuk Kesehatan Tubuh

Seruni.id – Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk tetap berolahraga di tengah aktivitas yang padat. Misalnya sekadar berjalan kaki, atau melakukan olahraga skipping alias lompat tali. Meski ringan, manfaat skipping sangatlah banyak. Untuk melakukannya, kita membutuhkan bantuan tali yang diputar atau digerakkan sebagai rintangan dari lompatan yang dilakukan dengan menggunakan kedua tangan kita sebagai porosnya.

10 Manfaat Skipping untuk Kesehatan Tubuh

Secara praktik mungkin hampir semua orang tahu dan paham bagaimana melakukan olahraga ini. Gerakkannya membuat otak bekerja lebih cepat dan tepat. Biasanya olahraga ini dilakukan hingga mencapai kurang lebih 20 lompatan. Agar kamu makin semangat melakukannya, berikut Seruni telah merangkum sejumlah manfaat skipping untuk kesehatan:

1. Dapat Meninggikan Badan

Manfaat skipping yang pertama yakni mampu untuk menambah tinggi badanmu, loh. Tak heran kalau olahraga ini sering kali dijadika sebagai salah satu program bagi banyak remaja dalam hal meninggikan badan. Terlebih di masa pertumbuhan, dengan melakukan olahraga ini, maka bisa membantumu untuk mendapatkan tinggi ideal.

Sebab, di masa remaja menjadi waktu utama pada masa pertumbuhan, karena masa ini sangat menentukan bagi seseorang untuk tumbuh dengan tinggi ideal. Oleh karena itu, jangan ragu untuk melakukannya secara rutin dan rasakan manfaat skipping untuk tinggi badan.

2. Membakar Kalori

Gerakan dasar olahraga skipping hanya melompat sesuai dengan irama putaran tali. Sebab, olahraga ini memaksa tubuh untuk terus melompat dalam beberapa waktu. Dengan begitu, kalori yang ada pada tubuh pun akan terbakar. Semakin lama melakukannya, kalori yang terbakar akan semakin banyak pula. Jika kamu melakukannya selama 10 menit setiap sesinya, maka jumlah kalori yang akan terbakar mencapai 300 kalori.

3. Dapat Menurunkan Berat Badan

Manfaat skipping untuk diet juga bisa kamu rasakan jika kamu melakukannya secara rutin. Namun, bagi sebagian orang, menurunkan berat badan mungkin adalah suatu hal yang sulit, tapi pada dasarnya memiliki prinsip yang sama. Apabila kamu mengonsumsi lebih banyak kalori dan membakarnya lebih sedikit, maka berat badanmu akan bertambah. Namun, jika yang kamu lakukan adalah sebaliknya, berat badanmu pun akan menurun.

Untuk membakar lebih banyak kalori, olahraga adalah aktivitas yang paling tepat untuk dilakukan. Dan salah satu manfaat lompat tali yang banyak diketahui adalah pengeluaran kalorinya, terutama bila anda menggunakan tali yang berat. Kalori yang dapat dikeluarkan ketika melakukan lompat tali selama 15 menit bisa mencapai 500 kalori.

4. Meningkatkan Kinerja Otak

Manfaat skipping setiap pagi yang akan dirasakan olehmu yakni dapat meningkatkan kinerja otak. Karena saat melakukan olahraga lompat tali ini, kita akan menggabungkan irama gerakan lompatan dan ketapatan waktu. Dengan begitu, akan membuat otak bekerja lebih cepat dan tepat mengalkulasikan gerakan melompat menghindari tali yang berputar. Ketika melakukan skipping, maka terjadilah pelatihan koordinasi tubuh yang baik dan kemampuan menjaga keseimbangan tubuh, sehingga semua itu berkaitan dengan melatih otak. Kalau kamu melakukannya dengan rutin, otak pun akan terbiasa bekerja dengan cepat dan tepat.

5. Mengurangi Cedera pada Kaki

Para atlet biasanya akan melakukan skipping setiap sesi latihannya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi cedera pada kaki, terutama untuk atlet sepak bola, basket, dan tenis. Dengan koordinasi kaki yang baik, kamu akan mampu menghindari salah melangkah saat berolahraga.

6. Mengencangkan Otot

Kalau kamu rutin melakukannya, maka kamu akan merasakan manfaat skipping yang satu ini, yakni otot tubuh yang semakin kencang. Ini disebabkan oleh efek lompatan saat melakukan skipping dapat mengencangkan otot kaki, lengan, serta bahu. Mengapa demikian? Sebab, tangan adalah sebagai poros dari putaran tali. Jadi, dengan melakukan skipping dapat memperkuat otot sebagian kaki, namun tetap ramping dan tidak berlemak pada bagian betis, sehingga akan menambah keindahan pada kakimu.

7. Membuat Lebih Tenang

Menurut sebuah penelitian, manfaat skipping akan membuat otak dan tubuh dilatih secara bersamaan. Karena itu, skipping bisa membuat kamu lebih tenang dan terjaga daripada mereka yang tidak melakukannya. Selain itu, skipping juga bisa membuat tubuh menjadi lebih luwes dan pasti akan lebih tenang untuk melakukan banyak hal.

8. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Latihan yang mengulang gerakan melompat dengan cepat bisa membuat jantung berdetak dan memompa darah. Dengan begitu, kesehatan jantung pun akan meningkat. Bagi kamu yang memiliki penyakit kardiovaskular, tidak ada salahnya untuk melakukan skipping secara rutin, agar terhindar dari berbagai risiko.

9. Mengoptimalkan Energi dalam Tubuh

Manfaat skipping berikutnya, mampu membantu seseorang dalam menambah energi di dalam tubuhnya. Sebab, olahraga yang satu ini dilakukan dengan menggunakan energi. Maka dengan berolahraga skipping akan mampu mampu mengoptimalkan energi di dalam tubuh dan latihan yang dilakukan secara rutin nantinya membuat tubuh terbiasa untuk memanfaatkan energi yang tersimpan.

10. Menjaga Kesehatan Kulit

Untuk mendapatkan kulit yang sehat, selain mengonsumsi buah-buahan dan makakan yang sehat, olahraga juga penting untuk kita lakukan. Salah satu olahraga yang bisa dilakukan adalah lompat tali. Skipping adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan dan bisa membuat tubuh terasa seperti berolaharaga, walaupun kamu hanya melakukannya 15 menit sehari. Latihan ini bisa meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh, memproduksi nutrisi untuk kulit dan membuang racun melalui keringat. Pernah lihat muka kamu sendiri setelah berolahraga? Terlihat lebih cerah, kan?

Baca Juga: 7 Cara Agar Tubuh Tetap Sehat Buat Kamu yang Malas Berolahraga

Itulah manfaat skipping yang bisa kamu dapatkan ketika melakukannya secara rutin. Agar semakin menyenangkan, kamu bisa melakukannya bersama teman, loh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.