6 Manfaat Mengonsumsi Suplemen Kolagen untuk Kesehatan

6 Manfaat Mengonsumsi Suplemen Kolagen untuk Kesehatan
okadoc.com

Seruni.id – Belakangan suplemen kolagen menjadi primadona bagi banyak orang. Kehadirannya pun semakin mudah kita temukan di pasaran. Bahkan, suplemen kolagen ini sering kali dipromosikan oleh publik figur, loh. Tak heran kalau banyak orang yang pensaran dan akhirnya mencoba produk tersebut.

6 Manfaat Mengonsumsi Suplemen Kolagen untuk Kesehatan
okadoc.com

Kolagen sendiri merupakan komponen utama jaringan ikat yang membentuk beberapa bagian tubuh, termasuk otot, tendon, ligeman, dan kulit. Sebenarnya, tubuh dapat menghasilkan kolagen secara alami, yakni dengan menggunakan asam amino dari protein yang kita konsumsi. Sehingga beberapa orang mungkin tidak terlalu membutuhkan suplemen kolagen.

Namun, banyak studi menemukan, bahwa suplemen tersebut dipercaya dapat meningkatkan produksinya dan menawarkan berbagai manfaat. Lantas, apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan selama mengonsumsi suplemen kolagen tersebut? Untuk menemukan jawabannya, simak ulasannya berikut ini:

1. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kolagen memiliki peranan yang cukup penting untuk memperkuat kulit, membuatnya lebih elastis, dan tetap terhidrasi. Seiring bertambahnya usia, tubuh menghasilkan lebih sedikit kolagen, sehingga kulit akan mudah keriput. Namun, beberapa penelitian menyebutkan, bahwa peptida atau suplemen yang mengandung kolagen mampu memperlembat proses penuaan pada kulit.

Dalam sebuah studi yang dirilis oleh Departement of Dermatology, University of Kiel, Germany, wanita yang rutin mengonsumsi suplemen berkolagen, mengalami kekeringan kulit yang lebih sedikit, bahkan kulitnya pun lebih elastis daripada mereka yang tidak mengonsumsi suplemen.

Hal serupa juga ditemukan oleh studi lain, di mana wanita yang rutin mengonsumsi suplemen kolagen selama 12 minggu, akan mengalami peningkatan hidrasi kulit dan penurunan yang signifikan dalam hal kerutan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Efek mengurangi kerutan dari suplemen kolagen dikaitkan dengan kemampuannya untuk merangsang tubuh untuk memproduksi kolagen secara mandiri.

2. Meringankan Nyeri Sendi

Seperti yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya, bahwa semakin usia bertambah, kandungan kolagen dalam tubuh pun akan berkurang. Sehingga risiko mengalami gangguan sendi degeneratif, seperti osteoatritis akan meningkat. Sejumlah penelitian menemukan, bahwa dengan mengonsumsi suplemen berkolagen dapat membantu memperbaiki gejala osteoartritis dan mengurangi nyeri sendi secara berkeseluruhan.

Dalam penelitian lain, sebanyak 73 atlet yang mengonsumsi 10 gram kolagen dengan rutin, selama 24 minggu mengalami penurunan nyeri sendi yang signifikan saat berjalan dan diam, dibandingkan dengan kelompok yang tidak mengonsumsinya.

3. Mencegah Tulang Keropos

Tubuh yang kekurangan kolagen sangat berisiko mengalami pengroposan tulang atau dikenal juga sebagai osteoporosis. Namun, dengan mengonsumsi minuman kolagen dengan rutin, dapat membantu menghambat pengroposan tulang tersebut. Bukan hanya itu saja, mengonsumsi suplemen kolagen dapat meningkatkan kepadatan tulang dan menurunkan kadar protein dalam darah yang merangsang kerusakan tulang.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Dengan mengonsumsi suplemen kolagen secara rutin, mampu mengurangi risiko masalah jantung. Beradasarkan sebuah buku yang berjudul Molecular Cell Biology: 4th Editionnyang terbit pada tahun 2000 lalu, kolagen menyediakan struktur pada arteri atau pembulu darah yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh.

Tanpa kolagen yang cukup, maka akan membuat arteri semakin melemah hingga rapuh. Sehingga kondisi ini dapat menyebabkan aterosklerosis, atau penyakit yang ditandai dengan penyempitan arteri. Kondisi ini tidak bisa dianggap sepele, ya. Sebab, ateroskleroses berpotensi menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Sebagaimana studi yang dirilis oleh Journal of Atherosclerosis and Thrombosis tahun 2017, melakukan uji coba pada 31 orang dewasa sehat. Di mana mereka harus mengonsumsi setidaknya 16 gram kolagen secara rutin selama enam bulan. Hasilnya, mereka mengalami penurunan ukuran kekakuan arteri yang signifikan dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) hingga 6 persen.

5. Merangsang Pertumbuhan Rambut dan Kuku

Kolagen tidak hanya baik untuk kulit saja, tetapi juga bermnafaat bagi rambut dan kuku. Menurut studi yang dirilis oleh Journal of Cosmetic Dematology tahun 2017, mengonsumsi kolagen bioaktif dapat meningkatkan pertumbuhan kuku sekitar 12 persen, serta dapat memperbaiki kuku yang rapuh sebesar 64 persen, dan mengurangi frekuensi kuku yang patah sebanyak 42 persen.

Hasilnya baru akan terlihat dalam empat minggu sejak pertama kali mengonsumsinya. Selain baik untuk kesehatan kuku, kolagen juga baik untuk merangsang pertumbuhan rambut. Uji coba ini dilakukan pada 25 peserta yang harus mengonsumsi 2,5 gram peptida kolagen biokatif sekali sehari selama 24 minggu.

6. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat yang terkahir, yakni dapat mempercepat penyembuhan luka. Hal ini telah terbukti dalam penelitian berjudul “The Wound Healing Potential of Collagen Peptides Derived from the Jellyfish Rhopilema esculentum” yang dipublikasikan di Chinese Journal of Traumatology tahun 2019.

Studi ini menggunakan peptida kolagen yang berasal dari ubur-ubur Rhopilema esculentum. Hasilnya, ada efek signifikan pada penutupan goresan pada sel yang diobati dengan peptida kolagen pada konsentrasi 6,25 μg/mL selama 48 jam.

Kesimpulannya, peptida kolagen dari spesies ubur-ubur Rhopilema esculentum bisa mempercepat proses penyembuhan luka, sehingga ini bisa menjadi produk potensial terapeutik yang bermanfaat di masa depan.

Baca Juga: 5 Cara Mempertahankan Kolagen Agar Kulit Tetap Elastis dan Awet Muda

Nah, itulah berbagai manfaat kesehatan mengonsumsi suplemen kolagen yang bisa kita dapatkan. Yuk, coba dan buktikan manfaatnya sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.